Program Doktor Manajemen UMY Kembangkan Bisnis Digital UMKM Pada Masa Pandemi

August 29, 2020, oleh: superadmin
Sabtu, (29/8) Program Doktor Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembangkan bisnis digital untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian saat masa pandemi dengan harapan bisa membantu masyarakat dalam hal pemasaran barang. Kegiatan ini dilakukan di kampus terpadu UMY.

Pelatihan digitalisasi UMKM diikuti oleh beberapa pengusaha UMKM dari Dusun Jragan II Desa Poncosari, Srandakan Bantul. Pelatihan ini menghadirkan pembicara Dr. Fajar Junaedi, S.Sos.,M.Si, pakar strategi digital dari program studi Ilmu Komunikasi UMY. Selain pelatihan, Program Doktor Manajemen juga memberikan bantuan seperangkat alat produksi kepada UMKM.

“Tantangan UMKM adalah pemasaran produk. Sekarang ini masyarakat mencari apa-apa secara online menggunakan handphone. Sehingga sebagai sebuah inovasi sederhana dalam revolusi industry 4.0, pemasaran dan transaksi produk bisa berjalan tanpa harus berinteraksi secara langsung (face to face) yaitu melalui internet”. Ujar Dr. Fajar Junaedi, S.Sos., M.Si.

Program pengabdian ini mendapat apresiasi dari UMKM yang mengikuti pelatihan. Mereka menyatakan bahwa program pengabdian yang dilakukan oleh Program Doktor Manajemen UMY secara nyata memberi dampak positif kepada UMKM yang mengalami di masa pandemi.