Deskripsi Mata Kuliah

DESKRIPSI MATA KULIAH

PROGRAM STUDI DOKTOR MANAJEMEN

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

 

Pra-Doktoral

Statistika Penelitian Manajemen (0 SKS)

Mata kuliah Statistika Penelitian Manajemen bertujuan:  1) memberikan penyegaran bagi mahasiswa yang telah pernah mendapatkan pelajaran dasar-dasar matematika dan statistika terapan, 2) memberikan pengetahuan dasar untuk mengetahui mata ajaran Metode Kuantitatif untuk Manajemen, serta 3) memberikan landasan untuk menggunakan matematika dan statistika terapan sebagai analisis dalam masalah-masalah manajemen dan bisnis.  Mata kuliah ini mencakup Pengertian Dasar Statistik; Statistik dan Penelitian; Data dan Penelitian; Data dan Instrumen Penelitian; Probabilitas dan Distribusi Normal;  Pengujian Hipotesis;  Statistik  Deskriptif; Statistik Infrensia;   Analisis Regresi dan Korelasi Sederhana;  Analisis Regresi dan Korelasi Berganda;   Analisis Regresi Multivariate;  Uji Persyaratan Analisis Regresi Linear;   Statistik Non Parametriks

Metode Pembelajaran:
Kuliah tatap muka, Diskusi, Studi Kasus, dan Tugas.

 

Bisnis dan Manajemen (0 SKS)

Mata kuliah Bisnis dan Manajemen mengkaji: konsep dasar manajemen, perkembang­an teori manajemen, fungsi-fungsi manajemen, lingkungan manajemen, serta gambaran realistik keterlibatan kerja para manajer dalam mengelola organisasi sesuai dengan kajian seni manajemen ilmiah, aplikasi keteram­pilan dalam berbagai proses manajemen, serta pelaksanaan berbagai peran dalam proses manajemen. Diharapkan mahasiswa memiliki gambaran realistik keterlibatan kerja para manajer serta bagaimana dalam mengelola organisasi sesuai dengan kajian seni manajemen ilmiah, aplikasi keterampilan manajemen, serta pelaksanaan berbagai peran. Sehingga mampu menjadi manajer bisnis yang kompeten dan professional.

Metode Pembelajaran:
Kuliah tatap muka, Diskusi, Studi Kasus, dan Tugas.

 

Penulisan Akademik (0 SKS)

Mata kuliah Penulisan Akademik bertujuan memberikan pengetahuan dan konsep dasar teknik penulisan akademik khususnya penulisan akademik bidang Manajemen. Sasaran akhir dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa memiliki orientasi dan kemampuan menulis akademik guna mempersiapkan diri dalam menulis publikasi jurnal internasional sebagai syarat kelulusan pada program studi Doktor Manajemen Pascasarjana UMY. Materi yang diberikan meliputi: ketarampilan menulis (writing skills), ketarapilan membaca (reading skills), teknik penelusuran jurnal (journal search), klasifikasi journal (indexing): SJR, Clarivate, Copernicus, WOS, dll.

Metode Pembelajaran:
Kuliah tatap muka, Diskusi, Studi Kasus, dan Tugas.

 

SEMESTER 1

Filsafat Ilmu (2 SKS)

Matakuliah Filsafat Ilmu bertujuan memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang Ilmu pengetahuan dan Ilmu (sains) sebagai pengetahuan ilmiah yang dipandu secara normatif (dari Tuhan). Pencarian atau penguasaan ilmu (the quest for knowledge). Manusia yang berkemampuan untuk mengetahui, bernalar, dan hasil penalaran. Sejarah perkembangan filsafat dan ilmu. Dunia rasio dan rasa, ikhtiar versus takdir. Sains empirik, anato­mi sains, penalaran deduktif dan induktif, hubungan antara filsafat, ilmu dan metodologi penelitian. Persamaan dan perbedaan antara ilmu alamiah dengan ilmu-ilmu sosial-kemanusiaan.

Metode Pembelajaran:
Kuliah tatap muka, Diskusi, Studi Kasus, dan Tugas.

 

Metode Penelitian Manajemen (3 SKS)

Matakuliah ini bertujuan memberikan pemahaman dan kemampuan kepada mahasiswa untuk meneliti dengan metode atau rancangan kuantitatif dan kualitatif. Materi pembahasan dalam mata kuliah ini:

1. Metodologi Penelitian Manajemen Kuantitatif. Konsep dasar penelitian; Karak­teristik penelitian kuantitatif; Jenis-jenis penelitian kuantitatif; Prosedur penelitian kuantitatif; Sistematika proposal penelitian kuantitatif; Identifikasi masalah dan menentukan topik penelitian; Variabel dan pengukurannya; Perumusan Hipotesis; Kajian teori dan empiris; analisis jurnal penelitian kuantitatif; Rancangan penelitian; Populasi & sampel; Instrumen; Teknik analisis data kuantitatif dan penarikan kesimpulan. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian kuantitatif.

2. Metodologi Penelitian Manajemen Kualitatif. Konsep dasar penelitian; Karak­teristik penelitian kualitatif; Jenis-jenis penelitian kualitatif; Prosedur penelitian kualitatif; Sistematika proposal penelitian kualitatif; Identifi­kasi masalah dan menentukan topik penelitian; Kajian teori dan empiris; Kehadiran/keterlibatan peneliti; Sumber data; Prosedur pengumpulan data; Triangulasi data; Pengecekan keabsahan temuan; Teknik analisis data dan penarikan kesimpulan. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian kualitatif.

Metode Pembelajaran:
Kuliah tatap muka, Diskusi, Studi Kasus, dan Tugas Menyusun Proposal bahan Disertasi.

 

Entrepreneurship dan Leadership (3 SKS)

Mata kuliah Entrepreneurship dan Leadership mengkaji tentang: Perspektif kewirausahaan, Menciptakan peluang menjadi rencana bisnis dan sumber usaha, Pengantar dan gambaran kepemimpinan, Perilaku kepemimpinan, dan Pemberdayaan kepemimpinan.

Metode Pembelajaran:
Kuliah tatap muka, Diskusi, Studi Kasus, dan Tugas Menyusun Proposal bahan Disertasi.

 

SEMESTER II

A. Konsentrasi: Manajemen Sumber Daya Manusia

 Teori Manajemen Sumber Daya Manusia (3 SKS)

Mata kuliah Teori Manajemen Sumber Daya Manusia membahas dukungan fungsi sumber daya manusia dalam menciptakan keunggulan bersaing selaras dengan strategi organisasi melalui MSDM, selanjutnya membahas tentang MSDM Strategik, yang dituangkan dalam Analisis dan Rancangan Pekerjaan dan Perencanaan SDM dalam organisasi. Matakuilah ini juga membahas pengambilan keputusan berkenaan dengan Rekrutmen Seleksi dan Penempatan sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan organisasi, Pelatihan dan Pengembangan, Penilaian Kinerja, Kompensasi, serta Pemberhentian Kerja. Hal lain yang juga dibahas dalam mata kuliah ini adalah Hubungan Industrial, serta pengukuran keefektifan MSDM, dan bagaimana cara meningkatkan keefektifan MSDM dalam organisasi untuk mendukung keunggulan bersaing organisasi.

Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, presentasi dan Tugas kelompok dan individu.

 

Perilaku Organisasi (3 SKS)

Matakuliah Seminar Perilaku Organisasi berisi tentang pemahaman dan analisis tentang pengelolaan individu dalam organisasi, tim dan bahasan dalam lingkup organisasional. Pengelolaan individu dalam organisasi, membahas tentang perbedaan-perbedaan individual, motivasi, persepsi dan atribusi, komunikasi dan manajemen stres. Pengelolaan tim membahas tentang pemecahan masalah dalam tim dan keefektifannya, dinamika dan kinerja tim, serta manajemen konflik dan negosiasi. Pengelolaan dalam lingkup organisasional membahas tentang budaya organisasi, perubahan, pengembangan dan pembelajaran organisasi.

Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, Studi Kasus, dan Tugas.

 

Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis (3 SKS)

Matakuliah ini memperkenalkan aspek-aspek teoritis dan terapan dari manajemen sumber daya manusia dari perspektif bisnis strategis. Matakuliah ini berusaha menjelaskan bagaimana mengelola sumber daya manusia secara efektif di dalam perubahan lingkungan yang sangat dinamis, yang pada saat yang bersamaan sedang menekan organisasi. Matakuliah ini juga mendiskusikan perubahan paradigma pada manajemen sumber daya manusia dimana di dalam paradigma yang baru tersebut, sumber daya manusia diperlakukan sebagai juara atas persaingan keuntungan. Topik-topik yang akan didiskusikan meliputi: perumusan dan penerapan strategi sumber daya manusia, analisis pekerjaan, metode rekrutmen dan seleksi, teknik untuk pelatihan dan pengembangan, penilaian pelaksanaan, kompensasi dan keuntungan, serta evaluasi keefektifan dari sistem manajemen sumber daya. Penekanan dilakukan dengan mengintegrasikan manajemen sumber daya manusia dengan seluruh strategi bisnis.

Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, presentasi dan Tugas kelompok dan individu.

 

B. Konsentrasi: Manajemen Keuangan

Institusi Keuangan (3 sks)

Mata kuliah Teori Institusi Keuangan membahas konsep-konsep dasar yang relevan dalam proses perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan strategik, baik operasional maupun manajerial dalam bidang keuangan. Teori keuangan dan penerapan teori ini kedalam keputusan bisnis. Fungsi keuangan dalam perusahaan dan perekonomian; analisis, perencanaan dan pengawasan keuangan; keputusan investasi jangka panjang, penilaian struktur keuangan, manajemen modal kerja, keputusan pembelanjaan jangka panjang, penilaian dalam merger dan penyesuaian kembali perusahaan. Kerangka dasar manajemen keuangan, aspek-aspek yang relevan dengan anggaran modal, analisis dan interpretasi laporan keuangan, manajemen modal kerja, struktur modal, leasing dan kebijakan deviden.

Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, Presentasi dan Tugas

 

Keuangan Perusahaan (3 sks)

Keuangan Perusahaan adalah bidang manajemen keuangan terkait dengan sumber pendanaan, strktur, modal perusahaan dan tindakan yang diambil manajer untuk meningkatkan nilai perusahaan. Tujuan utama manajemen keuangan perusahaan adalah memaksimalkan nilai pemegang saham. Topik yang dibahas: 1) Capital structure: sumber capital (debt capital, equity capital dan proffered stock), capitalization structure. 2) Investment and valuation: valuing flexibility and quantifying uncertainty, 3) dividend policy, 4) working capital management: working capital and management of working capital, investment banking and financial risk management.

Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, Presentasi dan Tugas

 

Investasi dan Portofolio (3 sks)

Mata kuliah Investasi dan Portofolio memberikan landasan teori dan pertimbangan praktis yang diperlukan dalam pembentukan dan manajemen investasi portofolio. Topik meliputi efisiensi pasar modal, pemilihan investasi dan evaluasi penampilan portofolio, teori CAPM dan APT. Penekanan ada pada saham biasa, tetapi obligasi, option dan futures juga dibahas.

Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, Presentasi dan Tugas

 

C. Konsentrasi: Manajemen Pemasaran

 Teori Manajemen Pemasaran (3 SKS)

Mata kuliah ini membahas pengertian pemasaran, strategi pemasaran yang mencakup STP, perencanaan produk, penentuan harga, penentuan distribusi dan komuni­kasi pemasaran. Memberikan dasar metoda pemasaran dan analisis kebutuhan konsumen, segmentasi pasar, pengembangan produk, penetapan harga, distribusi dan komunikasi pemasaran yang merupakan komponen-komponen dari formulasi strategi pemasaran. Penelitian pasar, organisasi dan manajemen penjualan. Implementasi dan evaluasi program pemasaran.

Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, presentasi dan Tugas kelompok dan individu.

 

Perilaku Konsumen (3 SKS)

Matakuliah Analisis Perilaku Konsumen mendeskripsikan tentang kerangka konsep dari perilaku konsumen dan beragam isu terkait penerapan teori-teori yang spesifik dari ilmu-ilmu psikologi, sosiologi, antropologi, komunikasi, dan mikro ekonomi. Perilaku konsumen yang terfokus pada perilaku pembelian atau proses pembuatan keputusan pembelian banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor ini dapat di klasifikasikan ke dalam: (1) faktor luar, seperti budaya, cabang budaya, kelas sosial, kelompok acuan, dan keluarga dan (2) faktor dalam, seperti sikap, kepribadian, gaya hidup, motivasi, dan persepsi. Menganalisis faktor-faktor tersebut merupakan sebuah dasar yang diperlukan dalam rangka mengembangkan strategi pemasaran seperti kaitannya dengan pengelompokan pasar, penempatan produk, dan komunikasi pemasaran.

Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, presentasi dan Tugas kelompok dan individu.

 

Strategi Manajemen Pemasaran (3 SKS)

Pemasaran strategik memberikan pengetahuan dan keahlian manajerial yang berkaitan dengan aspek prosedural dan substantif manajemen pemasaran, mempertajam keahlian dalam berpikir analitis dan kritis, serta meningkatkan ketrampilan komunikasi yang efektif, melatih kemampuan penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan, serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi, analisis, membuat alternatif dan merekomendasikan pemecahan masalah. Secara spesifik MP membahas mengenai: Konsep manajemen pemasaran, Lingkungan pemasaran, Riset pemasaran, Strategi dan taktik pemasaran, Nilai-nilai pemasaran, Formulasi strategi dan implementasi, Manajemen penjualan dan tenaga penjual, Pemasaran jasa, serta Strategi seleksi dan portofolio.

Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, presentasi dan Tugas kelompok dan individu.

 

Seminar Proposal Disertasi (2 SKS)

Ujian Proposal Disertasi dimaksudkan untuk menilai kelayakan Proposal disertasi yang diajukan oleh mahasiswa Program Studi Doktor Manajemen yang dilakukan dengan sistem terbuka untuk umum.

 

Seminar Hasil  Disertasi (2 SKS)

Seminar Hasil Penelitian Disertasi merupakan forum untuk menilai hasil penelitian disertasi dengan sistem terbuka untuk umum.

 

Publikasi Jurnal Internasional (2 SKS)

Disertasi yang telah disusun harus dapat dipublikasikan di jurnal Internasional. Publikasi ilmiah merupakan salah satu syarat agar mahasiswa dapat melaksanakan ujian disertasi. Bobot publikasi ilmiah adalah 2 SKS.

 

Konferensi Bisnis/Manajemen Nasional (1 SKS)

Disertasi yang telah disusun selain dipublikasikan di jurnal yang sudah akreditasi nasional DIKTI maupun jurnal Internasional, diseminasi hasil disertasi juga melalui konferensi bisnis/manajemen nasional.

Konferensi Bisnis/Manajemen Internasional (2 SKS)

Disertasi yang telah disusun selain dipublikasikan di jurnal yang sudah akreditasi nasional DIKTI maupun jurnal Internasional, diseminasi hasil disertasi juga melalui konferensi internasional.  Konferensi Internasional merupakan salah satu syarat agar mahasiswa dapat melaksanakan ujian disertasi. Bobot publikasi ilmiah adalah 1 SKS.

 

Ujian Tertutup (3 SKS)

Ujian tertutup adalah proses akademik terakhir yang menentukan kelulusan program Doktor Manajemen PPs UMY.

 

Ujian Terbuka

Ujian terbuka adalah proses terakhir dalam kelulusan Program Doktor Manajemen.