Learning Process

Semester 1

No Nama Mata Kuliah Tahap Pendidikan Program Doktor Metode dan Bentuk Pembelajaran Capaian Pembelajaran
1 Statistika Penelitian Manajemen Lanjutan Semester I 1. Menguasai konsep dasar-dasar, prinsip, tujuan, kegunaan, dan macam-macam statistika dalam penelitian bisnis.

2. Menguasai teknik analisis data dalam penelitian bisnis dan mampu memilih uji statistik yang sesuai baik dengan menggunakan test statistik parametrik maupun non parametrik.

3. Mampu menyusun draf desain model test statistik yang akan digunakan dalam penelitian bisnis yang layak untuk penelitian disertasi.

2 Metodologi Penelitian Bisnis Semester I Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapa memahami prinsip dan prosedur penelitian ilmiah,  mampu menyusun rencana penelitian bisnis dan mengimplementasikanny, serta memanfaatkan hasilnya untuk keputusan bisnis
3 Filsafat Ilmu dan AIK (Al Islam dan Kemuhammadiyahan) Semester 1 1. Memahami dan menjelaskan konsep filsafat ilmu yang mengkaji masalah hakikat ilmu dalam dimensi ontologis, epistomologis, dan aksiologis.

2. Mengidentifikasi dan menjelaskan landasan, pokok-pokok permasalahan, metode, kriteria kebenaran ilmu serta validitasnya.

3. Memahami dan menghargai filasfat ilmu dalam memperluas wawasan tentang berbagai teori, aliran, pendekatan dan paradigma serta alternatif penggunaan metode penelitian ilmiah.

4. Menerapkan filsafat ilmu sebagai landasan pengembangan. keilmuan dan profesi kependidikan sesuai dengan kaidah, moral dan etika ilmu pengetahuan serta nilai-nilai luhur budaya dan kepribadian bangsa dan dasar negara PancasilaUUD 1945 maupun ajaran agama Islam untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam rangka kesejahteraan masyarakat dan peradaban serta martabat umat manusia.

4 Manajemen Strategis dan Kebijakan Bisnis Semester 1 1. Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup strategi dan kebijakan bisnis.

2. Mahasiswa mampu menjelaskan model manajemen strategi.

3. Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya identifikasi isu strategik dalam tahapan pengambilan keputusan strategik.

4. Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya identifikasi isu strategik pada lingkungan perusahaan yang bersaing.

5. Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya identifikasi isu strategic pada lingkungan perusahaan yang bekerjasama

6. Mahasiswa mampu menjelaskan dan membedakan berbagai strategi generic.

7. Mahasiswa mampu merumuskan strategi dengan pendekatann-pendekatan perumusan matriks strategi.

8. Mahasiswa mampu mengevaluasi alternatif.

Semester II. Konsentrasi Manajemen SDM

No Nama Mata Kuliah Tahap Pendidikan Program Doktor Metode dan Bentuk Pembelajaran Capaian Pembelajaran
1 Model Empiris Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Semester II Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi dan  Mengembangkan pengelolaan MSDM berdasarkan paradigma, teori, pendekatan, dan hasil-hasil penelitian MSDM mutakhir. Dengan kata lain, mahasiswa diharapkan mampu melakukan pengambilan  keputusan MSDM yang mampu mendukung daya saing bisnis dalam persaingan global di era  masyarakat pengetahuan.  Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan dan mengkomunikasikan  rancangan penelitian MSDM yang mampu memadukan pendekatan ilmiah dengan kebutuhan pemecahan masalah (problem solving) serta  Mencerminkan pendekatan mutlidisipliner
2 Topik Mutakhir MSDM Global Semester II 1.Tatap muka dosen dan mahasiswa,

2. Diskusi kelompok,

3. Penugasan individu/kelompok 4. Studi kasus.

Mahasiswa memiliki pemahaman mengenai bisnis internasional dan faktor faktor yang mempengaruhi bisnis dalam cakupan internasional
3 Seminar Topik Mutakhir MSDM Semester II Mahasiswa mampu mempresentasikan pemahamannya mengenai bisnis internasional dan faktor faktor yang mempengaruhi bisnis dalam cakupan internasional dengan baik

Semester II. Konsentrasi Manajemen Keuangan              

No Nama Mata Kuliah Tahap Pendidikan Program Doktor Metode dan Bentuk Pembelajaran Capaian Pembelajaran
1 Model Empiris Manajemen Keuangan Semester II Memberikan pengetahuan tentang sistem keuangan, uang, pasar dan lembaga keuangan, pasar valuta asing,  industri perbankan, peraturan perbankan, krisis perbankan, lembaga keuangan non-bank, dan financial derivatives
2 Topik Mutakhir Keuangan Global Semester II 1.    Mahasiswa Memahami karakteristik bisnis perusahaan multinasional.

2.    Mahasiwa Mengetahui mekanisme dan lembaga terkait dalam bisnis internasional.

3.     Mahasiswa Memahami resiko yang dihadapi oleh perusahaan multinasional

4.    Mahasiswa Mampu menghitung resiko yang dihadapi oleh perusahaan multinasional

5.    Mahasiswa Mampu merencanakan tindakan yang diperlukan untuk mengelola resiko yang dihadapi oleh perusahaan multinasional.

3 Seminar Topik Mutakhir Manajemen Keuangan Semester II Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat memahami konsepkonsep dan implementasi manajemen keuangan sebagai sistem informasi bagi pengambilan keputusan manajemen dalam berbagai kasus khusus dan organisasi khusus

 Semester II. Konsentrasi Manajemen Pemasaran

No Nama Mata Kuliah Tahap Pendidikan Program Doktor Metode dan Bentuk Pembelajaran Capaian Pembelajaran
1 Model Empiris Manajemen Pemasaran Semester II Mahasiswa memahami gambaran seara keseluruhan tentang konsep pemasaran, perubahan bisnis dan pemasaran serta kepuasan pelanggan
2 Topik Mutakhir Pemasaran Global Semester II 1. Mahasiswa mampu memahami tentang hakikat manajemen pemasaran  internasional

2. Mahasiswa memahami pentingnya organisasi-organisasi internasional

3. Mahasiswa memahami bagaimana cara manajer berurusan dengan seluruh kekuatan yang mempengaruhi bisnis internasional.

3 Seminar Topik Mutakhir Manajemen Pemasaran Semester II 1. Menumbuhkan sikap Leadership. Yaitu mahasiswa mampu mempresentasikan tampil di depan kelas untuk mengemukakan ide dan menunjukan sikap disiplin

2. Menumbuhkan sikap Ethics. Ditunjukan dengan sikap jujur, dan tidak melakukan plagarisme.

3. Sedangkan sikap entrepreneurship, mahasiswa diajak untuk mampu kreatif dalam mengembangkan proposal Disertasi Manajemen Pemasaran.

 Semester III

No Nama Mata Kuliah Tahap Pendidikan Program Doktor Metode dan Bentuk Pembelajaran Capaian Pembelajaran
1 Workshop Topik Disertasi Semester III 1. Mahasiwa akan memiliki keyakinan dan arah yang benar dalam merencanakan penelitian disertasi.

2. Dengan Lokakarya Topik Penelitian Disertasi mahasisa akan melaksanakan penelitian disertasi dengan efektif dan lebih efisien.

2 Ujian Kualifikasi Doktor Semester III Ujian Bersifat tertulis dalam ruang ujian Mahasiswa mempunyai kelayakan secara umum sebagai calon atau kandidat doctor sehingga dinyatakan kualified atau memenuhi syarat dan layak untuk memulai penelitian disertasi
3 Seminar Proposal Penelitian Disertasi Semester III 1. Penugasan individu.

2. Memilih topik rencana penelitian disertasi.

Seminar Proposal Penelitian Disertasi ini bertujuan untuk memfasitasi mahasiswa dalam menuliskan proposal penelitian Disertasi. Dari hal yang telah diperoleh dan disusun dalam perkuliahan Kajian Topik Penelitian dan Metode  Penelitian, mahasiswa ditargetkan untuk menghasilkan proposal penelitian yang lengkap, telah disetujui pembimbing, diseminarkan di kelas. Dalam tahap ini juga  dimungkinkan untuk memulai tahap penelitian awal, untuk semakin memantapkan proposal Disertasi.

 Semester IV

No Nama Mata Kuliah Tahap Pendidikan Program Doktor Metode dan Bentuk Pembelajaran Capaian Pembelajaran
1 Penulisan Penelitian Disertasi Semester IV 1. Penugasan individu.

2.Pembimbingan bersama Tim promotor

Proyek penulisan penelitian disertasi ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam melaksanakan penelitian dan penulisan Disertasi. Pelaksanakaan penelitian dan penulisan Disertasi di bawah bimbingan dosen  pembimbing. Pertemuan di kelas dimaksudkan untuk mentoring, memantau dan saling mengkomunikasikan hasil yang sudah diperoleh, agar saling menyemangati dan berbagi pengalaman  dalam mengatasi hambatan dan kesulitan dalam melaksanakan  dan menulis hasil penelitian. Kegiatan di kelas ini difasilitasi oleh seorang dosen koordinator
2 Ujian Hasil Akhir Disertasi Semester IV Ujian Sidang Disertasai Mata kuliah ini bertujuan untuk memfasilitasi dan membantu mahasiswa dalam menuliskan hasil penelitian Disertasi ke dalam artikel ilmiah yang diseminarkan di seminar nasional atau seminar internasional. Pertemuan di kelas dimaksudkan untuk mentoring, memantau dan saling mengkomunikasikan hasil yang sudah diperoleh, agar saling menyemangati dan berbagi pengalaman  dalam mengatasi ham batan dan kesulitan dalam menuliskan artikel sebagai ringkasan hasil penelitian Disertasi. Kegiatan di kelas ini difasilitasi oleh seorang dosen koordinator.