Profil

Program Studi Doktor Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PSDM-UMY) adalah program pendidikan formal akademik sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level tertinggi, yaitu level 9. PSDM-UMY secara resmi berdiri pada tanggal 16 Oktober 2018 berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Ristekdikti RI No. 885/KPT/I/2018.  Program Studi Doktor Manajemen UMY telah memperoleh peringkat akreditasi BAIK dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan SK Nomor: 4928/SK/BAN-PT/Ak-PKP/D/VIII/2020.

PSDM-UMY merupakan salah satu dari tiga program Doktor yang diselenggarakan Program Pascasarjana UMY. Dengan berdirinya Program Doktor Manajemen, maka Program Pascasarjana UMY pada saat ini telah memiliki Program Doktor Psikologi Pendidikan Islam, Program Doktor Ilmu Politik Islam dan Program Doktor Manajemen.

Menghadapi tantangan era Revolusi Industri 4.0 serta persaingan yang semakin hiper-kompetitif, Program Studi Doktor Manajemen UMY  siap mencetak Doktor yang unggul, berdaya saing tinggi dan berkarakter Islami. Program Studi Doktor Manajemen UMY siap memberikan layanan pendidikan terbaik untuk menghasilkan Doktor yang berkualitas dan kompeten dengan keuanggulan Etika dan Kepemimpinan. Alumni PSDM-UMY diharapkan mampu berkontribusi dalam pembangunan nasional dan menyelesaikan berbagai persoalan bangsa, khususnya permasalahan yang terkait dengan bidang manajemen.

Sambutan Kaprodi

Program Studi Doktor Manajemen UMY dilatarbelakangi oleh berbagai aspek. Dalam aspek politik, secara nasional, PSDM UMY selalu berpedoman dan mengikuti kebijakan Dirjen Pendidikan Tinggi. Dengan diberlakukannya UU No. 20/2014 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan UU 14 tahun 2017 tentang Guru dan Dosen, kebutuhan jumlah dosen dengan Pendidikan Doktor semakin meningkat. Di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah untuk program studi manajemen, baru Program Pascasarjana UMY yang menyelenggarakan jenjang S3 Manajemen. Hal ini sebagai tantangan dan peluang, sehingga keberadaan PSDM secara politik memberikan kontribusi untuk menghasilkan lulusan Doktor Manajemen. Dalam aspek sosial ekonomi, PSDM UMY berperan aktif membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan PSDM UMY langsung bersentuhan dengan sektor riil di masyarakat. Bentuk pengabdian masyarakat berupa: pengembangan desa wisata, pembuatan kemasan pupuk organik, dan pembentukan koperasi. Dalam skala industri besar, PSDM UMY telah menjadi mitra dalam kajian dan pengembangan strategi bisnis salah satu industri strategis nasional, PT. INKA di Madiun, Jawa Timur dengan Nomor SK kerjasama dari UMY Nomor: 069/A.2-III/PSDM-UMY/VII/2020 dan PT INKA Madiun Nomor: SPJ-04/D3/INKA/2020.

Secara sosial ekonomi, PSDM UMY memberikan peluang dan tantangan untuk menggarap lebih intensif dalam penelitian dan pengembangan kepada masyarakat. Dalam aspek kebijakan pendidikan, PPs dan PSDM UMY, menyusun kurikulum didasarkan pada 1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, 2) Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), 3) Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang SN DIKTI. Kebijakan kurikulum yang berorientasi pada outcome memberi peluang bagi PPs UMY untuk mewarnai kurikulum dengan visi dan misi PPs dan PSDM UMY untuk mengembangkan kekhasan dan keunggulan yang dimiliki sebagai strategi diferensiasi PSDM UMY dengan perguruan tinggi lain. Apalagi sebuah perguruan tinggi saat ini berlomba-lomba untuk meningkatkan reputasi dengan publikasi ilmiah, sehingga keberadaan program pascasarjana mengemban misi penting dalam meningkatkan kualitas hasil penelitian dan publikasi ilmiah. Dalam aspek sosial budaya, Yogyakarta telah dikenal sejak awal kemerdekaan RI sebagai kota pelajar dan mahasiswa. Sehingga potensi PSDM UMY di antara penyelenggara pendidikan jenjang S3 di tanah air sangatlah relevan.

Di samping itu keberadaan media sosial yang akhir-akhir ini sangat efektif sebagai sarana informasi dan komunikasi, sangat bermanfaat sebagai media promosi, yang tentunya juga berguna sebagai sarana komunikasi dan literasi dimana banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memaksimalkan fungsi media sosial baik untuk tujuan belajar mengajar, media promosi dan penerimaan mahasiswa baru maupun kehumasan. Demikian pula PPs dan PSDM UMY secara efektif dan efisien juga memanfaatkan media sosial terlebih lagi di masa Covid-19. Kehadiran PSDM UMY melengkapi penyedia Program Doktor di Yogyakarta. Dalam aspek perkembangan IPTEK, keberadaan era revolusi industri 4.0 mendorong sebuah keharusan perguruan tinggi untuk menyesuaikan diri dalam proses layanan dan pembelajaran. Tahun ini UMY mencapai peringkat ke 15 dalam versi 4icu

https://www.4icu.org/id/

dan meraih peringkat 11 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi webometrics

https://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20

Keberadaan PPs dan PSDM UMY menangkap peluang dan tantangan kemajuan teknologi dengan tetap produktif dalam layanan pendidikan, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah.

 

 

Visi

Menjadi Program Studi Doktor Manajemen (PSDM) yang unggul di Indonesia dalam etika dan kepemimpinan berlandaskan ilmu pengetahuan, teknologi, iman, dan taqwa pada tahun 2030.

Misi

  • Mewujudkan Pendidikan tingkat doktoral berdasarkan etika dan kepemimpinan yang didukung ilmu pengetahuan, teknologi, iman, dan taqwa.
  • Mengembangkan penelitian bidang manajemen berdasarkan etika dan kepemimpinan yang didukung ilmu pengetahuan, teknologi, dan iman taqwa.
  • Mengembangkan dan mewujudkan pengabdian pada masyarakat berdasarkan etika dan kepemimpinan yang didukung ilmu pengetahuan, teknologi, dan iman taqwa.
  • Menjadi pusat pengembangan intelektual Muhammadiyah dalam bidang manajemen untuk memberdayakan dan mencerdaskan umat manusia.

Tujuan

  • Menghasilkan doktor manajemen dengan masa studi 3,5 tahun
  • Menghasilkan doktor manajemen dengan IPK 3,5.
  • Menghasilkan doktor manajemen dengan publikasi jurnal internasional bereputasi 2 judul per mahasiswa sesuai roadmap peneltian.
  • Menghasilkan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berbasis etika dan kepemimpinan didukung ilmu pengetahuan teknologi minimal 1 PkM per tahun.

Perpustakaan
Perpustakaan

Perpustakaan memiliki koleksi buku, jurnal akademis, dan dokumen penelitian yang ekstensif yang dapat mendukung mahasiswa untuk melakukan penelitian mutakhir dengan referensi yang komprehensif.

Laboratorium komputer
Laboratorium komputer

Merupakan pusat fasilitas komputer mahasiswa untuk menunjang berbagai macam kegiatan mahasiswa